Pastikan PSU Pilgub Jambi Berjalan Sesuai Prosedur

Minggu, 30 Mei 2021 | 14:35:12 WIB


Jambi, jambi.kpu.go.id. (Tim KPU Provinsi Jambi).>Provinsi Jambi resmi menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Kamis (27/5/2021). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra yang hadir langsung memonitoring jalannya PSU berharap semua berjalan sesuai prosedur dan mengingatkan agar seluruh amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dijalankan dengan benar.

>Hal tersebut disampaikan Ilham saat meninjau pelaksanaan PSU di TPS 02 Desa Sido Mukti, Kec Dendang dan TPS 04 Desa Kedemangan Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi. Dari peninjauan yang didampingi Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan, Sekretaris KPU Provinsi Jambi, Khoirul B Lubis, Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni, Komandan Korem Jambi Brigjen TNI M Zulkifli dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman, pria asal Aceh bersyukur tidak ditemukan kendala berarti. "Dan proses pemilihan berjalan kondusif dan lancar," kata Ilham.

>Meski demikian, Ilham mengatakan apabila ditemukan adanya pelanggaran maka KPU akan siap mengikuti prosesnya.

>MK sendiri mengabulkan PHP untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jambi usai menyidangkan permohonan Pemohon terkait adanya ketidakvalidan administrasi, khususnya jumlah pengguna hak pilih di hari pemungutan suara.

>Berkaca pada hal tersebut, Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi pun berpesan agar kesalahan administrasi tidak berulang di PSU ini. Dia juga berpesan agar koordinasi dengan pihak terkait terus terjalin terutama ketika ada hal yang berpotensi menjadi masalah. "Segera dikomunikasikan dengan pihak-pihak terkait, pastikan semua telah sesuai dengan prosedur," tutur Dewa saat memonitoring PSU Provinsi Jambi untuk TPS 02, TPS 04 dan TPS 06 Desa Sido Mukti Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur didampingi Anggota KPU Provinsi Jambi Apnizal dan Ketua KPU Tanjung Jabung Timur Nurkholis.

>Kegiatan monitoring untuk PSU Provinsi Jambi juga diikuti oleh Anggota KPU RI Hasyim Asy'ari didampingi oleh Anggota KPU Provinsi Jambi Ahdiyenti dengan mendata TPS 04 Desa Penyengat Olak dan TPS 004 Desa Senaung Kec Jambi Luar Kota, Kab Muaro Jambi. Juga Anggota KPU RI lainnya Arief Budiman. Turut serta Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifudin, Anggota DKPP RI Alfitra Salamm dan Sekjen KIPP Kaka Suminta. (humas kpu ri/kpu prov jambi irul/foto: ieam/ed diR)