Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Berjalan Dengan Lancar dan Aman

Minggu, 20 Desember 2020 | 08:29:51 WIB


Jambi, jambi.kpu.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi selesai melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat Provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Pemilihan Serentak 2020, yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Kota Jambi, Jum'at-Sabtu (18-19/20).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi H M Subhan, di dampingi Komisioner KPU Provinsi Jambi, dan Sekretaris dengan di hadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Tim Gugus Tugas Covid-19, Dinas Kesehatan,  Saksi Pasangan Calon nomor urut 01,02 dan 03 serta 11 KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi.

Ketua KPU Provinsi Jambi dalam sambutannya menyebutkan Pelaksanaan Pleno terbuka Rekapitulasi Penghitungan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi ini dilaksanakan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19, serta menekankan agar peserta rapat Pleno mengikuti dengan tertib.

"Alhamdulillah kita sudah sampai pada tahapan Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat Provinsi, sebelumnya kita juga telah melaksanakan pleno tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten/Kota secara berjenjeng dengan protokol covid yang ketat, Kami beserta jajaran berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 sampai dengan saat ini, kami berharap tidak ada kendala yang berarti sampai proses pelantikan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dan bersama tetap kita patuhi protokol kesehatan", jelasnya.

Kegiatan di awali dengan pembacaan tata tertib pleno Rekapitulasi Penghitungan suara oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, dilanjutkan dengan pembacaan hasil rekapitulasi model D KWK Kabupaten/Kota dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota.

Sementara itu jumlah pemilih dalam DPT(daftar Pemilih tatap) sebanyak 2.415.862 orang, Pemilih pindah memilih 3.283 orang, jumlah pemilih tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilihnya dengan KTP Elektronik atau surat keterangan 23.185, sedangkan jumlah pengguna Hak Pilih dalam DPT 1.630.357 orang, jumlah pemilih pindah memilih yang menggunakan hak pilihnya 2.919 orang dan jumlah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilihnya menggunakan KTP Elektronik atau surat keterangan 23.088 orang. 

Sementara untuk data penyandang disabilitas jumlah seluruh Pemilih sebanyak 3.596 orang sedangkan jumlah seluruh Pemilih disabilitas yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 2.251 orang.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi menyebutkan bahwa pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi berjalan dengan lancar,  dengan penandatanganan berita acara hasil penetapan rekapitulasi tingkat provinsi oleh Ketua dan Komisioner KPU Provinsi Jambi dan saksi paslon 3, sementara saksi paslon 1 dan 2 tidak menanda tanganinya.

"Hasilnya, pasangan Haris-Sani keluar sebagai Paslon dengan perolehan suara terbanyak dengan jumlah 596.621 suara, kemudian disusul pasangan CE-Ratu memperoleh 585.203 suara dan pasangan Fachrori-Syafril memperoleh 385.388 suara", paparnya. 

Dengan jumlah suara sah berjumlah 1.567.212 suara, suara tidak sah sebanyak 89.153 suara dengan total keseluruhan berjumlah 1.656.365 suara.

Sementara itu KPU Provinsi Jambi masih menunggu 3 hari terhitung Senin pukul 00.00 Wib sampai hari rabu pukul 24.00 setelah pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat Provinsi Jambi, apakah ada yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau tidak sebelum KPU Provinsi Jambi menetapkan Pasangan Calon Terpilih.

"Meski Saksi pasangan nomor urut 01 dan 02 tidak mau menandatangani berita acara hasil rekapitulasi, KPU tetap menghargai karena itu menjadi hak saksi masing yang diatur dalam regulasi, namun hal ini tidak menghambat pelaksanaan Rekapitulasi, sementara itu setelah dilakukan penghitungan dari hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi tercatat ada peningkatan sebanyak 1,05 % dari partisipasi pemilihan serentak 2015 yang hanya 66,85 %, sementara  partisipasi pada pemilihan serentak 2020 ini sebesar 67, 99 %", tutupnya. (Tim KPU Provinsi Jambi).