Hasil Penghitungan Aplikasi Sirekap KPU Provinsi Jambi Sudah 100 Persen

Kamis, 17 Desember 2020 | 14:36:33 WIB


Jambi, jambi.kpu.go.id. Berdasarkan hasil Real Count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi terkait dengan proses penghitungan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) sudah mencapai 100 persen, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Jambi.

Berdasarkan hasil Real Count KPU Provinsi Jambi, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut 3, Al Haris-Abdullah Sani unggul dengan perolehan suara pada pemilihan Gubernur Jambi 2020, Haris - Sani memperoleh 597.518 suara atau 38,1 persen. 

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Cek Endra - Ratu Munawaroh memperoleh 585.400 suara atau 37,3 persen atau selisih 12.118 suara dari Haris - Sani. 

Sementara pasangan nomor urut 2 Fachrori - Syafril memperoleh 385.312 suara atau 24,6 persen.

Dari hasil Real Count KPU, pasangan Haris-Sani unggul di tiga wilayah yakni Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Merangin.

Sedangkan pasangan Cek Endra-Ratu unggul di lima kabupaten yakni Kabupaten Sarolangun, Kabupate Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari.

Sementara pasangan nomor urut 2, Fachrori-Syafril unggul di tiga daerah yakni Kota Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Bungo.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi menyebutkan pelaksanaan penghitungan dengan menggunakan Aplikasi Sirekap yang dilakukan oleh KPPS sudah masuk 100 persen dengan berjalan lancar.

"Alhamdulillah setelah melewati beberapa tahapan proses pelaksanaan pemilihan Serentak 2020 berjalan lancar, untuk pengguna aplikasi Sirekap di tingkat KPPS tidak terdapat kendala, semua berjalan dengan lancar dan sekarang hasil Rekapitulasi melalui Aplikasi sudah masuk 100 persen dari masing-masing Kabupaten/Kota",Jelasnya. 

Di Provinsi Jambi semua kecamatan telah melaksanakan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Penghitungan suara, termasuk di tingkat Kabupaten/Kota.

KPU Provinsi Jambi akan melaksanakan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat Provinsi Jambi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi pada Jum'at 18 Desember 2020 di salah satu Hotel di Kota Jambi. (Tim KPU Provinsi Jambi).