KPU Provinsi Jambi Sampaikan Hasil Verifikasi Syarat Calon Gubernur Jambi

Senin, 14 September 2020 | 22:27:13 WIB


Jambi, jambi.kpu.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Pleno Terbuka penyampaian hasil verifikasi administrasi dan keabsahan dokumen persyaratan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Provinsi Jambi, Senin(14/09).

Kegiatan ini dibuka langsung Ketua KPU Provinsi Jambi H.M Subhan dengan didampingi oleh Komisioner, Sekretaris, Kabag dan Kasubag, dengan peserta LO masing-masing Bakal Pasangan Calon, Bawaslu Provinsi Jambi, Polda Jambi dan Rekan-rekan Pers.

Ketua KPU Provinsi Jambi H.M Subhan menyebutkan berkas Bakal Pasangan Calon masih ada yang belum memenuhi syarat "Ke Tiga Bakal pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur ada dokumen administrasi yang belum memenuhi syarat, sehingga harus dilakukan perbaikan", jelasnya.

Ada 3 Berkas Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu Pasangan Al-Haris-Abdullah Sani, Cek Endra dan Ratu Munawaroh, Dan pasangan Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

"Pasangan Al Haris-Abdullah Sani dokumen administrasi milik calon gubernur, Al Haris dianggap lengkap dan memenuhi syarat, namun dokumen administrasi milik Abdullah Sani masih harus ada perbaikan, karena Ijazah SMA nya yang dilegalisir namun belum di stempel", paparnya.

Untuk pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh, hasil verifikasi faktual terhadap berkas administrasi Cek Endra masih harus dilakukan perbaikan, dan pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal juga masih ada ditemukan dokumen administrasi yang belum memenuhi syarat dan harus diperbaiki.

Masa perbaikan yang diberikan oleh KPU mulai dari tanggal 14-16 September 2020. Maka dari itu, pihak KPU juga akan menyampaikan catatan kekurangan berkas administrasi tersebut kepada Bapaslon melalui tim penghubung dan gabungan parpol, sehingga nanti kandidat bisa segera melakukan perbaikan.

Sedangkan Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Teknisi Penyelenggaraan M. Sanusi menyebutkan untuk hasil pemeriksaan kesehatan sudah keluar, "Berdasarkan hasil dari pemeriksaan Jasmani dan Rohani serta bebas Narkoba Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Alhamdulillah semuanya dalam kondisi baik dan sehat, namun ada beberapa catatan dari pihak Rumah Sakit yang tidak bisa di sepelehkan oleh Bakal Pasangan Calon terutama untuk bapaslon Bupati dan Wakil Bupati", tegasnya.

Selain itu KPU Provinsi Jambi juga akan melaksanakan Tes Kesehatan lanjutan untuk Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Sungai Penuh yang dalam masa perpanjangan, hingga batas akhir ada 2 Bakal Pasangan Calon.

KPU Provinsi Jambi berharap seluruh tahapan terus berjalan lancar, tentunya tidak lepas dari peran serta seluruh stakeholder terkait dan masyarakat Jambi, terutama dalam mematuhi protokol Kesehatan, "Ayo masyarakat Jambi Kita sukses kan Pemilihan Serentak 9 Desember 2020 bebas Covid-19, bersama kita jaga kesehatan", tutupnya. (Tim KPU Provinsi Jambi).